Program Studi Kimia

Program Studi Kimia telah mendapatkan status terakreditasi B pada tanggal 10 Agustus melalui Surat Keputusan BAN-PT Departemen Pendidikan Nasional RI Nomor 012/BAN-PT/A6/VIII/2000, kemudian melalui Surat Keputusan BAN-PT Kementrian Pendidikan Nasional RI  pada tanggal 29 Desember 2015 Nomor 1262/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2015 diberikan status Reakreditasi peringkat B kepada Program Studi Kimia

Program Studi Kimia diselenggarakan sebagai perwujudan komitmen UKSW dalam memberikan pelayanan pendidikan yang bermutu di bidang Sains Kimia untuk menghasilkan angkatan pimpinan yang berdaya cipta (creative minority). Pelayanan pendidikan dalam konteks di bidang ilmu kimia ini bertumpu pada bidang keahlian/konsentrasi khusus pada bidang Kimia Bahan Alam dan Lingkungan. Dengan bertumpu pada bidang tersebut, maka visi keilmuan dan tujuan dari Program Studi Kimia adalah sebagai berikut:

Visi Keilmuan Prodi Kimia adalah:

  1. Menjadi suatu pusat pendidikan yang mendidik mahasiswa menjadi Sarjana Sains Kimia yang bertanggung jawab dan berdaya cipta dalam pembangunan Negara dan masyarakat dengan berpegang teguh pada kebenaran, keadilan, dan kasih.
  2. Menjadi suatu pusat pemikiran tentang nisbah antara sains kimia dengan teknologi.
  3. Mengimplementasikan hasil riset kimia untuk mengembangkan industri kimia yang berwawasan lingkungan

Tujuan Program Studi Kimia adalah:

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang menghasilkan Sarjana Sains Kimia yang memiliki ciri dan kualifikasi:
  2. Berkepribadian kristiani yaitu percaya kepada Allah yang menciptakan alam semesta dengan segala isinya dan memiliki sikap mengasihi.
  3. Mampu belajar secara mandiri (self learner) dan bekerja secara kolaboratif.
  4. Mempunyai spesialisasi kompetensi kimia yang handal (academic excellent).
  5. Mampu mengelola perubahan serta memiliki kemampuan dan ketrampilan memimpin.
  6. Menyelenggarakan penelitian, dan hasil penelitian dapat digunakan sebagai dasar untuk pengembangan dan pengajaran sains kimia dan sekaligus digunakan sebagai dasar pengabdian kepada masyarakat.

 Berdasarkan visi keilmuan dan tujuan di atas, sasaran Program Studi Kimia adalah:

  1. Menyiapkan mahasiswa yang bermoral tinggi dan memiliki etika, nilai dan perilaku profesional dalam mewujudkan peningkatan kualitas hidup yang berkelanjutan.
  2. Menyiapkan para mahasiswa untuk menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan melakukan identifikasi permasalahan kimia dan menentukan metode penyelesaian yang penad sesuai dengan kaidah keilmuan yang berlaku, dan mengkomunikasikan konsep-konsep kimia dalam menjawab permasalahan kimia yang ada.
  3. Mengembangkan dan menyebarkan konsep-konsep kimia dalam menjawab permasalahan kimia yang ada untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat.
  4. Menciptakan para lulusan yang creative minority atau minoritas berdaya cipta yang bermuara pada derajat tinggi dalam kemampuan berpikir logis, sistematis, analitis, dan sintesis dalam menyelesaikan masalah di bidang kimia dalam rangka komitmen kepedulian terhadap hakekat pembangunan dan lingkungan di Indonesia.