Persiapan ISO 17025 Laboratorium: FSM Kimia UKSW menimba ilmu ke PT. Sarawati Indo Genetech

Bogor, 27 Agustus 2018 – Program Studi Kimia FSM UKSW melakukan kunjungan ke PT. Saraswati Indo Genetech (SIG) yang beralamat di JL. Rasamala No. 20, Taman Yasmin, Curugmekar, Bogor Barat, Curugmekar, Kota Bogor, Jawa Barat. Kunjungan tersebut merupakan salah satu kegiatan Laboratorium Kimia FSM UKSW dalam rangka persiapan menuju ISO 17025. Persiapan tersebut dilakukan mengingat keberadaan laboratorium uji yang kredibel merupakan suatu hal yang mutlak dalam rangka menciptakan suatu produk yang memenuhi persyaratan tertentu.

Kegiatan kunjungan yang dilakukan dibagi dalam 2 sesi, yaitu sesi pemaparan perusahaan dan tanya jawab serta kunjungan Laboratorium. Pada sesi pertama, PT SIG memaparkan bahwa SIG merupakan laboratorium pertama di Indonesia yang terakreditasi KAN untuk ruang lingkup uji analisis produk hasil rekayasa genetika atau transgenik atau GMO secara kualitatif dan kuantitatif. Ruang lingkup tersebut antara lain uji mikrobiologi, uji vitamin, uji asam lemak, uji logam berat, uji residu pestisida, uji proksimat, uji bahan tambahan pangan, uji asam amino, uji nutrition facts, dan uji keamanan pangan lainnya. Pada sesi kedua, kunjungan Laboratorium dibagi dalam 3 kelompok kecil. Masing-masing kelompok berkunjung ke beberapa bagian Laboratorium diantaranya, laboratorium penerimaan dan pengelompokkan sampel uji, laboratorium analisa, dan laboratorium mikrobiologi.

Dari hasil kunjungan yang dilakukan ini, banyak hal yang bisa rombongan peroleh khususnya untuk persiapan menuju ISO 17025 (bagi Laboratorium) dan bagaimana safety laboratory yang seharusnya diterapkan oleh Laboratorium dan para penggunanya guna menghindari kecelakaan-kecelakaan kerja yang mungkin terjadi. (CUN)

Leave A Reply

Your email address will not be published.