PENINGKATAN PENGUASAAN ILMU KIMIA: Kerjasama UKSW dan UNDIP dalam bentuk Pelatihan Kimia Komputasi Berbasis Linux

Salatiga, 14 April 2018 – Dalam rangka meningkatkan kerjasama antara Prodi Kimia FSM UKSW dan Prodi Kimia FSM UNDIP dalam bidang pengajaran dan pengabdian masyarakat. Prodi Kimia FSM UKSW dan Prodi Kimia FSM UNDIP, mengadakan perkuliahan Kimia Komputasi dengan sistem Team Teaching yang melibatkan pengajar dari kedua program studi tersebut. Pada akhir perkuliahan, Prodi Kimia FSM UNDIP melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat dalam rangka peningkatan penguasaan ilmu kimia bagi mahasiswa kimia UKSW melalui pelatihan kimia komputasi berbasis LINUX.

Dalam kesempatan tersebut, rombongan Tim dari UNDIP yang dipimpin oleh Bpk. Dr. Parsaoran Siahaan, M.S., bersama Ibu Dr. Dwi Hudiyanti, M.Sc., dan Bpk. Dr. Mukhammad Asy’ari, S.Si., M.Si., membawa serta 8 mahasiswa yang nantinya akan mendampingi pelaksanaan pelatihan. Pelatihan ini mengambil tema “Pengaruh Tingkat Teori dan Basis Set Pada Keakuratan Perhitungan“. Dalam pelatihan ini, pemberian materi dibagi dalam 2 sesi, yaitu:

  1. Sesi Teori, yang diisi oleh materi dari Bpk. Dr. Parasaoran Siahaan, M.S.
  2. Sesi Praktikum, yang diisi oleh materi dari mahasiswa

Dalam pelatihan ini, mahasiswa Prodi Kimia UKSW dilatih untuk bisa menghitung panjang ikatan, sudut ikatan, dan interaksi dalam molekul yang paling stabil berdasarkan hasil perhitungan dengan melihat pada hasil nilai energi yang terendah. Dengan demikian, mahasiswa dapat membangkan konsep yang sudah didapatkan secara teori dengan hasil yang diperoleh dengan cara perhitungan secara komputasi. Hasil yang diperoleh dengan perhitungan berdasarkan basis set juga menunjukkan data yang akurat pada molekul yang dihitung. Dengan adanya pengabdian masyarakat dalam bentuk pelatihan ini, diharapkan dapat membantu mahasiswa memahami konsep ilmu kimia baik secara teori maupun komputasi. Selain itu, kegiatan ini juga dapat memperkuat kerjasama antar kedua lembaga kedepannya. (CUN)

Leave A Reply

Your email address will not be published.