Fasilitas Laboratorium

Laboratorium Kimia

Terdiri atas Laboratorium Dasar dan Laboratorium Penelitian dan Pengembangan (Research and Development)

Laboratorium Dasar

Memiliki berbagai macam piranti yang dibutuhkan untuk menunjang praktikum kimia aras dasar seperti Kimia Dasar, Kimia Anorganik, Kimia Organik, dan Kimia Fisika. Peralatan umum yang sering dipakai seperti Oven, Timbangan Digital, Almari Asam, Furnace, Autoclave, Alat Destilasi, Refluks, piranti Ekstraksi, Clavenger, Hot Plate, maupun piranti gelas tersedia dalam jumlah memadai untuk keperluan aras dasar maupun penunjang skripsi dan penelitian. Pelayanan juga diberikan kepada fakultas lain yang membutuhkan praktikum kimia aras dasar, seperti Fakultas Biologi, dan Fakultas Pertanian. Pelayanan kepada pihak di luar UKSW yaitu dari Universitas lain maupun juga pelayanan praktikum untuk siswa SMU untuk keperluan olimpiade atau KIR (Karya Ilmiah Remaja).

Laboratorium Penelitian dan Pengembangan (Research and Development)

Terdiri dari 3 unit yaitu unit R&D-1, R&D-2, dan unit Kimia Lingkungan serta Laboratorium Skripsi. Masing-masing berisi berbagai macam piranti yang digunakan oleh mahasiswa dan dosen dalam mendukung aktivitas penelitian yang banyak dikaji di Program Studi Kimia. Alat tersebut antara lain adalah HPLC, UV-VIS Spektrofotometer, Rotavapour, Refraktometer, HACH-DREL Spektrofotometer, dll. Bekerjasama dengan laboratorium Fisika FSM juga dimungkinkan penggunaan alat NIR. Jasa pelayanan yang telah dilakukan oleh Laboratorium Kimia meliputi analisa sampel juga jasa analisa produk hasil kerjasama dengan institusi di luar UKSW, industri, home industri, maupun lintas mahasiswa skripsi dari luar UKSW.

Kemungkinan adanya program dari pusat yaitu adanya laboratorium terpadu belakangan ini akan menjadi pusat pengembangan khususnya terkait dengan alat canggih dan standar yang ditetapkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.