Chemipreneurship: Wirausaha Mahasiswa Kimia

Salatiga, 23 Maret 2019 – Di Era milenial ini mahasiswa diarahkan untuk tidak hanya mencari pekerjaan namun dapat menciptakan pekerjaan. Kegiatan wirausaha ini dilaksanakan bersamaan dengan gawe Science Festival yang diadakan pada tanggal 22-23 Maret 2019 di halaman Kampus 2 Fakultas Bahasa dan Seni UKSW Jalan Kartini. Kegiatan ini dihadiri oleh masyarakat umum baik kalangan pelajar, UMKM, maupun masyarakat yang lain.

Mengembangkan inovasi di bidang kimia pangan, sejumlah mahasiswa mencoba menawarkan hasil inovasinya ke masyarakat melalui penjualan. Mahasiswa yang tergabung dalam kelompok minat Chemistry Study and Research Club (CHEMSTAR) ini menekuni inovasi dalam bidang kimia pangan. Dengan melakukan modifikasi karbohidrat singkong maka diperoleh tepung yang menyerupai terigu. Tepung hasil modifikasi karbohidrat singkong tersebut selanjutnya dijadikan bahan dasar pembuatan bakso singkong dan pie susu. Keunggulan produk dari modifikasi karbohidrat singkong ini adalah gluten free sehingga aman bagi penderita autis. Selain itu, produk pangan juga aman bagi pencernaan khususnya bagi penderita gluten intolerance yang sering bermasalah dengan pencernaan jika mengkonsumsi panganan dari terigu.

Selain modifikasi karbohirat dari singkong, mahasiswa juga melakukan inovasi dalam membuat manisan dan permen dari kulit semangka. Kulit semangka yang pada dasarnya sudah tidak terpakai ini disulap menjadi bahan pangan permen dan manisan. Kulit semangka masih mengandung asam amino non-esensial citrulline. Senyawa aktif citrulline bermanfaat sebagai antioksidan dan penurun tekanan darah. Oleh karena itu, permen dan manisan kulit semangka ini juga berpotensi sebagai sumber antioksidan dan agen antihipertensi meski masih harus dilakukan riset untuk pmbuktiannya. Dengan berbekal ilmu kimia terapan, mahasiswa Prodi Kimia digembleng untuk melakukan inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat dalam proses belajarnya. (YMN)

Leave A Reply

Your email address will not be published.